Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Serba Ada dan Layak Jadi Pengganti Laptop

KOMPAS.com – Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G menjadi tablet terbesar dan paling mumpuni dari Samsung untuk saat ini. Perangkat ini sekaligus menjadi tablet paling mahal yang dijual Samsung di Tanah Air. Adapun harga Samsung Tab S9 Ultra di Indonesia adalah: Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/256 GB): Rp 20 juta Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/512 GB): Rp 22 juta Dengan harga setara laptop kelas atas, Galaxy Tab S9 menawarkan spesifikasi canggih dan fitur yang serba ada. Misalnya, layar Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci, chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, baterai 11.200 mAh, total empat kamera depan dan belakang, dukungan SIM 5G, serta fitur tahan air dan debu dengan rating IP68. KompasTekno berkesempatan menjajal Samsung Galaxy Tab S9 Ultra (12 GB/256 GB) versi ritel Indonesia berwarna Graphite atau abu-abu kehitaman. Selama kurang lebih satu bulan terakhir, tablet ini kami gunakan untuk aktivitas harian seperti bekerja, mengedit video di Capcut, binge watching Netflix, hingga bermain game. Lantas, bagaimana ulasannya setelah menggunakan tablet seharga Rp 20 juta ini selama hampir satu bulan lamanya? Apakah Samsung Tab S9 Ultra worth it untuk dibeli? Ikuti review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra berikut ini.
Pengalaman unboxing Galaxy Tab S9 Ultra masih serupa dengan versi sebelumnya, yakni Galaxy Tab S8 Ultra. Kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra masih didominasi dengan warna putih. Di bagian depan kotak terdapat tulisan “Galaxy Tab” dengan aksen warna abu-abu muda mengilat serta gambar perangkat Galaxy Tab S9 Ultra yang berwarna abu-abu kehitaman. Tak lupa, ada nama “Galaxy Tab S9 Ultra 5G” yang disematkan di bawah gambar perangkat. Kesan pertama saat memegang kotak kemasan Samsung Tab S9 Ultra 5G adalah ukurannya yang besar. Namun, kami sudah tidak kaget karena dimensi tablet ini sama seperti Galaxy Tab S8 Ultra tahun lalu. Ketika dibuka, isi kotak penjualan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra seharga Rp 20 juta ini terlihat minimalis. Di dalam kotak hanya terdapat satu unit tablet Samsung Galaxy Tab S9 Ultra berwarna Graphite, satu buah pena digital (stylus) S Pen, kabel USB Type-C to USB Type-C, satu SIM card ejector tool, kartu garansi, dan lembar panduan penggunaan. Samsung tidak lagi menyertakan kepala charger dalam kotak kemasan Galaxy Tab S9 Ultra. Jadi, pengguna bisa menggunakan adapter charger dengan USB Type C yang dimiliki sebelumnya, atau membeli adapter charger SuperFast Charging 45 watt secara terpisah. Baca juga: Unboxing dan Hands-on Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G, Tablet Tahan Air Harga Rp 20 Juta Video unboxing Galaxy Tab S9 Ultra 5G bisa dilihat lewat video di bawah ini. Unboxing Samsung Galaxy Tab S9 Ultra 5G???? ?AMOLED 14,6 inch ?5.5
Samsung Galaxy Tab S9 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X 14,6 inci. Ukuran layar tersebut hampir menyamai laptop ukuran 15 inci. Ini menjadikan Samsung Tab S9 Ultra sebagai tablet terbesar Samsung untuk saat ini. Perangkat ini akan menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mengutamakan ukuran pada sebuah tablet. Dengan layar yang lega, tampilan yang disuguhkan tablet ini sudah serupa seperti laptop biasa. Dengan layar yang lega, kami merasa semakin nyaman ketika menggunakan tablet untuk produktivitas, multitasking, hingga mencari hiburan. Pasalnya, konten yang dilihat dapat lebih banyak dan “besar” ketimbang layar tablet pada umumnya. Layar tablet ini memiliki resolusi WQXGA Plus (2.960 x 1.848 piksel). Ini membuat layar tablet ini mampu memanjakan mata dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih. Fitur ini sangat berguna ketika membuat konten video, menonton konten video seperti streaming YouTube, hingga maraton film/series di Netflix dengan resolusi tinggi. Layar Samsung Galaxy Tab S9 Ultra juga sudah mendukung adaptive refresh rate dengan angka paling rendah 1 Hz dan paling tinggi 120 Hz. Ini membuat tablet bisa menyesuaikan tampilan dengan refresh rate paling rendah 1 Hz untuk konten statis, sehingga, secara teknis, bakal lebih menghemat daya. Sementara dengan refresh rate 120 Hz, kami bisa menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film, kami bisa melihat konten visual dengan jernih. Layar Super AMOLED Samsung Tab S9 Ultra ini juga sudah mendukung fitur pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint). Respons pemindai sidik jari yang cepat membuat kami mudah membuka kunci layar tablet.

JANGAN LUPA FOLLOW AKUN KAMI

BACA JUGA